Inilah Anak Perempuan Yang Mempunyai Akhlak ( Wanita Idaman )

Terjemah kitab Akhlaq Lil Banat ( BAB 2 )

Oleh : Bapak M. Ngabdul Sukur, M.Pd

Anak perempuan yang mempunyai akhlak ; itu perempuan yang selalu memuliakan orang tuanya, guru-gurunya, saudara laki-laki dan pada siapapun yang lebih tua darinya,, dia mencintai saudara laki-laki dan perempuannya yang lebih muda darinya, dan semua orang yang lebih muda darinya.

Dia jujur dalam ucapannya, rendah diri (tawadu’) kepada teman perempuan lainnya. Dia tidak heran dengan dirinya walapun cantik ataupun pandai, dan dia sabar dalam menghadapi penyakit. Dan dia tidak senang mengeluh dan mengadu, dia tidak senang memutuskan hubungan dengan teman wanita lainnya. Dia malu dalam mengerjakan perbuatan yang menurut umum jelek atau buruk, walaupun dia sedang sendirian, karena sesungguhnya dia itu khawatir atau takut kepada Allah dan selalu mendengarkan nasehat-nasehat orang tua dan guru-guru nya. Dia selalu menjaga ahklaq ketika makan, jalan berbicara, ataupun tidur.

Catatan : Wanita yang baik sebagai idaman siapapun, adalah seorang wanita yang selalu jujur, atu berakhlak mulia, seperti takut melalukan kemaksiatan dimanapun berada baik ada orang ataupun tidak.