Mengapa Seorang Anak Perempuan Harus Berakhlak Mulia?

Belajar Bareng kitab Akhlakul lil Banat juz 1

Buah karya guru besar KH. Umar Ahmad Barjak

(Oleh. M. Ngbadul Sukur, M.Pd.)

BAB 1

Mengapa Seorang Anak Perempuan Harus Berakhlak Mulia

Wahai anak perempuanku yang aku muliakan.Sungguh engkau sebelumnya tidak ada di dunia ini, maka Allâh Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhanmu yang menciptakanmu, mewujudkanmu di dunia ini. Dia memperindah rupamu dengan memberimu dua bola mata yang dengannya engkau bisa melihat alam dan isinya, dan Dia memberimu dua telinga yang dengannya engkau bisa mendengar suara-suara, dan Dia memberimu lisan (lidah/mulut) yang dengannya engkau bisa berbicara, dan Dia memberimu dua tangan yang dengannya engkau bisa bekerja dalam kesibukanmu, dan dia memberimu kedua kaki yang dengannya engkau bisa berjalan menuju tempat-tempat yang bisa memberimu manfaat dan dengannya engkau bisa menghindar, menjauh dari tempat-tempat dan perkara yang bisa membahayakanmu. Dengan prolog semacam itu maka bagi seorang perempuan yang cantik…

  1. Wajib bagi anak perempuan hendaknya sejak kecil dia harus berakhlak mulia/terpuji, supaya dia bisa dicintai dalam kehidupannya di masa dewasa kelak. Allah ridho, orang tua, keluarga dan bahkan semua manusia pun akan mencintainya di dalam kehidupannya akan tertuntun ke jalan yang lurus.
  2. Dan juga wajib atas anak perempuan untuk selalu menjahui dari akhlak yang tercela, supaya dalam dirinya tidak ada watak yang patut di benci atau dicela. Allah, orang tua, keluarga dan bahkan semua orang tidak akan pernah mencintai perempuan yang tidak punya akhlak, dan hidupanya pun akan tersesat.

Catatan : bagi kita semua akhlak adalah sesuatu yang harus kita pegang untuk bisa dicintai oleh siapapun, maka kita belajar bersama untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia kalau ingin dicintai oleh siapapun, jangan pernah mimpi kalau mau dicintai tapi mempunyai akhlak yang tidak terpuji.

Bersambung ……