Kewajiban Kita Terhadap Nabi Kita

Terjemah Akhlaq lil Banat Juz 1 Bab 8

Oleh : Bapak. M. Ngabdul Sukur, M.Pd

1. Ketahuilah, bahwa engkau wajib mengagungkan Nabimu SAW. Sebagimana engkau diwajibkan mengagungkan Tuhanmu Allah SWT. Dan memenuhi hatimu dengan kecintaan kepadanya, sehingga engkau lebih mencintainya daripada kedua orang tua dari dirimu sendiri.

Karena beliaulah yang mengajari kita agama Islam dan dengan perantarannya kita mengenal Tuhan kita dan bisa membedakan antara yang halal dan yang haram. Dalam Hadits dikatakan : “Tidaklah beriman ( sempurna) seseorang diantara kamu hingga aku lebih dicintainya daripada anaknya dan ayahnya serta orang-orang semuanya”.

2. Sesungguhnya tanda cintamu kepada Tuhanmu adalah engkau cinta Nabimu dan mengikutinya. Sebagaimana firmanAllah : “ Katakanlah, jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah aku, niscaya Allah mencntai kamu “ (Ali-Imran : 31).

Maka amalkanlah nasihat-nasihatnya. Nasihatnya semua berharga dan membimbing siapa saja yang mengikutinya menuju kebaikan dan menjauhkan dari kejahatan serta menyampaiakan kepada kebahagianya. Tirulah akhlaknya, karena akhlaknya semua adalah baik. Tuhannya telah memujinya, sebagaimana firman Allah SWT : “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung “ (Al-Qalam : 4)

Dalam hadits dikatakan : “ Tuhanku mendidikku dengan pendidikan yang sebaik-bainya”.


Catatan : Cinta butuh pengorbanan, maka ketika kita cinta terhadap Nabi, kita harus siap untuk melatih diri kita menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya, dan kita berusaha menomorsatukan cinta kepada Allah dan Rasulnya dibandingkan dengan lainnya.