Nikmat– Nikmat Allah Subhanu Wa Ta’ala

Terjemah Kitab Akhlaq Lil Banat Juz 1 BAB 5

Oleh : Bapak M. Ngabdul Sukur, M.Pd.

Wahai anak perempuanku yang aku muliakan. Sungguh engkau sebelumnya tidak ada di dunia ini, maka Allâh Subhânahû Wa Ta’âlâ, Tuhanmu yang menciptakanmu, mewujudkanmu di dunia ini. Dia memperindah rupamu dengan memberimu dua bola mata yang dengannya engkau bisa melihat alam dan isinya, dan Dia memberimu dua telinga yang dengannya engkau bisa mendengar suara-suara, dan Dia memberimu lisan (lidah/mulut) yang dengannya engkau bisa berbicara, dan Dia memberimu dua tangan yang dengannya engkau bisa bekerja dalam kesibukanmu, dan dia memberimu kedua kaki yang dengannya engkau bisa berjalan menuju tempat-tempat yang bisa memberimu manfaat dan dengannya engkau bisa menghindar, menjauh dari tempat-tempat dan perkara yang bisa membahayakanmu.

Wahai anak perempuanku, dengarkanlah, Allah Subhanahu Wa Taala berkata : “Dan sungguh Allâh yang mengeluarkan kalian dari perut ibu kalian dalam keadaan tidak mengetahui apa pun, kemudian Allâh memberikan untuk kalian pendengaran, penglihatan dan hati agar kalian bersyukur”.

Dan merupakan nikmat yang besar dari Tuhanmu, Dia tidak menjadikanmu seperti hewan yang tidak berakal. Dia yang Maha Indah memberimu akal sehingga engkau bisa membedakan antara hal yang baik dan yang buruk, mengetahui mana yang indah dan mana yang buruk. Dia yang Maha Rahmân juga meletakkan rasa belas kasih saying dalam hati ayah dan ibumu sehingga mereka mengasuhmu dengan pengasuhan yang baik.

Dialah Allâh Subhânahû Wa Ta’âlâ yang telah memberikan semua nikmat itu, nikmatnya sehat jasmani dan ruhani, nikmatnya makan dan minum, nikmatnya tidur dan istirahat.

Catatan   : betapa besar nikmat yang diberikan Allah untuk kita. Maka buktikan kita gunakan nikmat itu untuk amal kebaikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *