Putri Yang Shalihah

Terjemah Kitab Akhlaq lil Banat Juz I Bab 7

Oleh : Bapak M. Ngabdul Sukur, M.Pd

Khodijah  adalah  seorang  anak  perempuan  yang  Sholihah, ia di cintai oleh ayah ibu serta guru-gurunya. Ia pun dihormati oleh seluruh teman-temannya. Setipa orang perempuan berharap untuk mempunyai anak seperti dia.Termasuk kebiasannya apabila hendak tidur ia selalu ingat Tuhan dan bersyukur kepad-Nya karena telah melindunginya sepanjang hari dari dari bencana dan gangguan. Ia mengucapkan : Dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan mati.

Apabila bangun dari tidurnya, maka ia segera mengingat dan bersyukur kepada-Nya atas nikmat tidur yang membebaskannya dari kepayahan dan memulihkan kembali kegiatannya.

Ia mengucap: “ segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah Dia mematikan kami dan kepada-Nya kami dibangkitkan.” Apabila hendak makan ia selalu mengucapkan : ‘Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.” Setelah selesai darinya. Ia bersyukur kepada Allah yang mengadakan makanan baginya dan memberi kekuatan.

Ia mengucap : “segala puji bagi Allah yang memberi aku makanan ini dan diberi-Nya rezeki kepadaku tanpa daya maupun kekuatn dariku.” Khotijah tidak lupa mengerjakan sholat lima waktu dengan berjmaah tyepat p[ada waktunya. Dan berpuasa di buylan Romadlon serta membaca Al-Qur’an. Ia takut berbuat burukl, baik sendirian maupun dihadapan orang banyak, karena ia tahu bahwa Allah melihatnya disetiap tempat.                     

Tidaklah diragukan bahwa Allah meridhoi Khodijah dan akan memsukannya ke dalam Surga, karena ia puti yang sholihah.

Catatan : jadilah perempuan yang sholihah dengan selalu menjaga ahklak yang baik dimanapun  berada