Ayahmu Yang Berbelas Kasih

Terjemah Kitab Akhlaq lil Banat Juz 1 Bab 17

Oleh : Bapak M. Ngabdul Sukur, M.Pd

            1. Ketahuilah wahai putriku! Bahwa ayahmu juga mencintaimu seperti halnya ibumu. Ia keluar dari rumah setiap hari dengan bersabar menahan payah, panas, dan dingin. Untuk apa semua itu? supaya ia memperoleh uang untuk dibelanjakan bagimu dan bagi ibumu, serta saudara-saudaramu yang laki-laki dan yang perempuan, ia belikan untukmu pakaian dan makanan serta segala sesuatu yang engkau butuhkan. Apabila engkau minta sesuatu yang bermanfaat untukmu darinya, ia tidak menolaknya, tetapi selalu memenuhi permintaanmu itu dengan senang hati

2. Ayahmu suka jika engkau hidup dengan keadaan selamat dari gangguan dan penyakit. Oleh karena itu ia mencegahmu dari segala sesuatu yang membahayakanmu dan menyuruhmu menjaga kesehatan agar engkau  tidak sakit. Apabila engkau sakit, ia sedih dan memanggilkan dokter serta membelikan obat bagimu. Ia tidak peduli dengan kerugian berapapun demi kesehatanmu yangt mahal.

3. Ayahmu memikirkan masalah pendidikanmu tepat waktu. Oleh sebab itu ia memasukannmu ke madrasah dan membelikan buku-buku serta alat-alat belajar untukmu, agar engkau belajar dan terdidik akhlakmu, dan di masa depan engkau menjadi wanita yang sempurna dalam ilmu dan sopan santun, berguna untuk dirinya dan bangsanya.

Catatan : Ayah adalah sosok manusia yang berani berkorban demi anaknya, maka hormatilah ayahmu!