Kasih Sayang Ayah

Terjemah kitab Akhlaq lil Banat Juz 1 Bab 18

Oleh : Bapak M. Ngabdul Sukur, M.Pd

            Ada seorang laki-laki yang mempunyai seorang putri yang sangat dicintainya, karena ia mengamalkan nasihat-nasihatnya. Pada suatu hari ia menyalahi nasihat ayahnya dan bercampur-campur dalam makananannya serta makan tidak teratur. Maka ayahnya memperingatkannya atas hal itu. Namun ia tidak mendengar perkataan ayahnya hingga menderita sakit perut yang amat parah. Maka ayahnya pun memanggilkan dokter baginya. Setelah dokter memeriksa penyakitnya, kemudian ia pun menulis obat, lalu ayahnya membelikan obat itu dari apotik dengan harga yang mahal. Kemudian membayar biaya dokter yang juga mahal, Akan tetapi, ia tidak meperdulikan itu, karena ia ingin putrinya lekas sembuh.

            Ketika anak perempuan itu melihat kasih sayang ayahnya, berlinanglah air matanya karena gembira dan hatinya pun penuh rasa suka cita.

            Beberapa hari kemudian ia pun sembuh dari penyakitnya, maka ia janji kepada ayahnya untuk selalu mengamalkan nasihat-nasihatnya dan tidak akan melanggar perintah-perintahnya, sehingga ia selamat dari gangguan dan ia pun hidup senang.

Catatan : Ayah adalah sosok manuasia yang berani berkorban demi anaknya, maka hormatilah ayahmu!