Halal bi Halal Menambah Kebaikan Diri

Seperti biasanya, agenda rutin di bulan Syawal setelah Hari Raya Idul Fitri, Keluarga Besar MA Banat Tajul Ulum menggelar acara Halal Bi halal. Kegiatan tahunan ini di gelar bersama-sama dengan MA Tajul Ulum Banin di gedung rumah bapak S. Ali Wafa, S.Pd.I (Kamad MA Tajul Ulum Banin), pada Rabu, 26 Mei 2021.

Acara ini di hadiri oleh Pembina Yayasan, Ketua Yayasan dan staf-stafnya, Kepala MA Banat Tajul Ulum , para Guru dan juga semua karyawan. Acara Halal Bihalal dimulai sekitar jam 09.00 WIB, dengan diawali pembacaan dzikir Tahlil oleh Bapak H. M. Zainal Arifin, S.Pd.I dan Bapak H. Imam Ghozali, S.Pd.I, dilanjutkan Asyraqal oleh Bapak M. Fatulloh, S.Pd.I., sambutan Wakil Sohibul Bait, Bapak. S. Ali Wafa, S.Pd.I, Sambutan atas nama Kepala Madrasah disampaikan oleh Bapak M. Ngabdul Sukur, M.Pd, yang memberikan salam dan menyampaikan selamat idul fitri sekaligus memohon maaf kepada anggota keluarga dari semua guru dan karyawan, juga sambutan atas nama Yayasan Tajul Ulum oleh Bapak H. Abdurrohman, S.Pd.I,.

Sebelum bersalam-salaman halal bihalal diisi dengan mauidhah hasanah yang disampaikan oleh romo KH. Muhammad Shofi Mubarok. Beliau mengingatkan akan pentingnya Haqqul Admi dengan meminta maaf atas segala kesalahan yang diambil dari kisah teladan Abraham ibn Adham. Beliau juga menyampaikan bahwa tanda amal ibadah di bulan Ramadhan diterima oleh Allah adalah bertambahnya kebaikan setelah Ramadhan. Beliau juga menyampaikan agar semua guru mempunyai sifat kebaikan.

  كن بالخير موصوفا ولاتكن للخير وصافا  

(Jadilah orang yang mempunyai sifat baik jangan hanya menceritakan kebaikan-kebaikan saja)

Beliau juga berpesan kepada semua guru untuk mempunyai 3 hal agar memberikan kenikmatan terhadap muridnya. Ketiga hal tersebut adalah sabar, tawadhu’ (andap ashor) dan husnul khuluq (berbudi pekerti yang baik).

Acara yang berlangsung sekitar 2 jam itu diakhiri dengan doa oleh romo KH. Muhammad Shofi Mubarok dan diakhiri dengan bersalam-salaman antar guru dan karyawan MA Tajul Ulum Banin dan MA Banat Tajul Ullum secara bersama.