Sejarah dan perkembangan Madrasah Aliyah Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan, tidak bisa lepas dari berdirinya Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin  Brabo yang berdiri pada tahun 1941 M didirikan atas prakarsa Al Magfhfurlah KH Syamsuri Dahlan yaitu ayah KH Ahmad Baidlowi Syamsuri,Lc.H. Pada mulanya Pesantren ini hanya mengelola santri putra saja, namun setelah pucuk pimpinan dipegang oleh KH Ahmad Baedlowi Syamsuri Lc.H yaitu pada tahun 1990 telah berdiri pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Putri yang berorentasi pada Tahfidzul Quran (yaitu metode pemahaman dan  menghapal Al Qur’an 30 Juz) dan Alhamdullilah sampai pada tahun 2005 ini tercatat telah berhasil mencetak 315 santri putri yang telah hafal Al-qur’an 30 Juz diluar kepala.

Pondok Pesantren inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Madrasah  yang dikelola oleh Yayasan Tajul Ulum, yaitu pada tahun 1953 berdiri Madrasah Diniyyah Awaliyah, tahun 1960 berdiri Madrasah Diniyah Wustho, tahun 1975 berdiri Madrasah Tsanawiyah dan akhir tahun 1985 berdiri Madrasah Aliyah. Dan pada tahun 2015 MA Banat Tajul Ulum berdiri, pada awal berdirinya Madrasah Aliyah Banat Tajul Ulum hanya mengelola 6 kelas yang berjumlah 256 siswi.

Dalam sejarah berdirinya suatu lembaga tidak bisa lepas dari situasi untuk berpikir maju dan tetap dalam koridor ke-agamaan. Juga halnya MA BANAT Tajul Ulum Muncul dan dilahirkan karena untuk menjaga pendidikan tetap bermutu,kwalitas dalam akademik dan akhlak atau moral. Itu salah satu tujuan Yayasan Tajul Ulum yang kuat untuk mendirikan madrasah yang bisa menjaga anak kita tidak terkontaminasi dengan pergaulan bebas masa kini.

Berdirinya lembaga ini, berkat kegigihan pengurus Yayasan Tajul Ulum yang di pimpin oleh Bapak H. Nur Hamid, S.H.I., M.Pd.I beserta pengurus lainnya dan didukung sepenuhnya dari Dewan Pembina  Yayasan  ( KH. Abdul Wahab Idris dan KH. Shofi Mubarok ) dan tak kalah pentingnya Bapak H. Ahamd Mohdlori, S.Ag., M.S.I selaku kepala Madrsah Aliyah putra yang mempunyai pemikiran demi kemajuan Madrsah Aliyah.

Madrasah Aliyah Banat Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan berdiri secara legal formal tahun pembelajaran 2015/2016 berdasarkan SK. Kementreian Agama Kantor Wilayah Jawa Tengah Nomor : D/Kw/MA/705/2015 dan terdaftar dan diberikan Nomor Statistik Madrasah (NSM) 131233150040 pada 9 Maret 2015.

Dari sejarahnya, tampak jelas bahwa Madrasah Aliyah Banat Tajul Ulum memiliki ikatan batin yang sangat kuat dengan Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin, sedangkan secara fisik letak antara keduanya berdampingan, diantara keduanya ibarat saudara sekandung yang saling menguntungkan karena siswa siswinya sebagian besar dari pondok pesantren yang ada disekitarnya. Disamping siswa belajar di madarsah para siswa, juga mendapat tambahan ilmu-ilmu agama Islam seperti nahwu, shorof, fiqih, Al Qur’an dll dari pondok pesantren yang memiliki ciri khas Ahlus sunah waljama’ah dengan menganut salah satu madzhab 4 yaitu Syafi’i, Hambali, Maliki dan Hanafi.